Sunday, February 28, 2016

Sigapnya 'Pasukan Oranye' Hilangkan Genangan Air di Kalibata

Hujan mengguyur Jakarta sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi ini. Sejumlah genangan pun terjadi di beberapa titik. Beruntung ada 'pasukan oranye' yang sigap menghilangkan genangan tersebut. 
Sigapnya Pasukan Oranye Hilangkan Genangan Air di Kalibata
Dalam waktu yang tak terlalu lama genangan pun hilang. Minggu, 28 Februari 2016 pagi ini misalnya terlihat 20 pasukan oranye di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. Mereka terlihat mondar-mandir di sekitar stasiun Kalibata hingga jembatan di Kampung Kalibata yang di bawahnya mengalir aliran sungai Ciliwung.

Di sungai Ciliwung, ketinggian air masih terlihat normal meski ada sampah seperti potongan pohon dan kayu yang ikut mengalir. Warna air terlihat cokelat.  "Masih belum naik airnya. Ini kita aja mancing di sini," ujar Hendri salah seorang warga Kalibata.

Hendri mengatakan beberapa hari terakhir telah ada kendaraan besar yang disiapkan di pinggir kali untuk membantu mengeruk sampah. Sementara itu, pasukan oranye di depan mall Kalibata tengah terlihat membersihkan saluran  air di bawah trotoar yang tersumbat sampah. Mereka membuat saluran kecil agar air yang tergenang bisa dialirkan ke saluran. 

Saluran berbentuk cekungan kecil yang dibuat pasukan oranye itu membuat genangan air yang berada di tengah jalan mengalir menuju area rendah. Genangan pun hilang. Pasukan oranye ini bekerja di bawah hujan gerimis dan padatnya arus lalu lintas saat itu. 

Beberapa orang lainnya juga hilir mudik terlihat mengakut sampah dan peralatan lainnya dan  berputar-putar di wilayah Kalibata.

No comments:

Post a Comment