Monday, February 1, 2016

Ahok: Kota Mitra Telat Masukkan Proposal Bantuan Keuangan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan alasan pembatalan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengalokasikan bantuan keuangan kepada kota mitra. 

Basuki menyebut, kota mitra terlambat mengajukan proposal bantuan keuangan hingga Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016 disahkan.

"Bukannya enggak jadi, tetapi dari (kota) mitranya terlambaatmasukin (proposal bantuan keuangan) ke dalam KUA-PPAS," kata Basuki di Balai Kota, Senin (1/2/2016).  

Selain itu, lanjut dia, bantuan keuangan Pemprov DKI Jakarta kepada kota mitra pada tahun 2015 juga banyak yang belum digunakan.

"Kami bisa (usulkan) di APBD Perubahan. Kalau (kota mitra) mau (mengajukan bantuan keuangan)," kata Basuki.  

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati sebelumnya menjelaskan, bantuan keuangan bisa diusulkan ke dalam APBD Perubahan 2016. 

Syaratnya, ada peningkatan pendapatan oleh Pemprov DKI Jakarta. Jika pendapatan yang diperoleh Pemprov DKI justru menurun, itu akan diprioritaskan untuk pelaksanaan program unggulan ibu Kota terlebih dahulu. 

"Bantuan keuangan ini sudah ada mekanismenya dan (mekanismenya) berbeda dengan bantuan Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP)," kata Tuty.

No comments:

Post a Comment