Monday, February 1, 2016

Temui Jokowi, PM Hungaria Bawa Separuh Anggota Kabinet

Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orban dan istrinya Aniko Levai melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyambut ramah.

"Selamat datang PM Hongaria Yang Mulia Viktor Orban di negeri kepulauan Indonesia-Jkw," tulis Jokowi lewat akun Twitter resminya @jokowi seperti dikutip detikcom, Senin (1/2/2016). Di akun Facebook-nya, Presiden juga mengucapkan selamat datang kepada Aniko Levai.

Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan upacara penyambutan resmi Viktor Orban beserta istrinya di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, sekitar pukul 11.00 WIB. Jokowi berharap dalam pertemuan nanti bisa menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara.

"Selamat datang Perdana Menteri Hongaria, Y.M. Tuan Viktor Orban dan Nyonya Aniko Levai di negeri kepulauan nusantara. Semoga pertemuan kita hari ini menghasilkan kesepakatan kerja sama saling menguntungkan antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Hongaria," jelas Jokowi.

Di situs resmi Pemerintah Hongaria, Victor Orban dijadwalkan berada di Indonesia selama tiga hari. Dia juga membawa beberapa menteri seperti Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Peter Szijjarto, Menteri Pertanian Sandor Fazekas, Menteri Ekonomi Nasional Mihaly Varga, Menteri Pembangunan Nasional Miklos Sesztak dan Menteri Negara Pendidikan Tinggi Laszlo Palkovic.

Pada kesempatan ini Victor Orban juga membawa serta puluhan pelaku bisnis dari Hungaria untuk membahas peluang investasi di kedua negara.

Victor Orban dijadwalkan meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk menghormati pahlawan nasional Indonesia. Setelah itu kemudian akan melakukan pembicaraan dengan Jokowi.

Setelah pertemuan dengan Presiden, wakil dari Pemerintah Hungaria dan Indonesia akan menandatangani perjanjian kerja sama, antara lain, pada program pertukaran pendidikan tinggi untuk beberapa tahun ke depan dan kerja sama di bidang perikanan dan akuakultur.

Setelah itu, Victor dan para delegasi dari Hungaria akan disambut jamuan makan siang resmi di Istana Negara. 

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Hujan mengguyur menyambut kedatangan Viktor.

Viktor Orban tiba di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara sekitar pukul 11.00 WIB, Senin (1/2/2016). Meski cuaca masih hujan, tetapi upacara penyambutan tetap dilaksanakan.
Jokowi yang mengenakan setelan jas warna hitam langsung menyambut Viktor. Mereka tampak bersalaman dan saling tersenyum.

Jokowi dan Viktor kemudian menuju tempat yang telah disediakan yang berada tepat di depan teras Istana Merdeka. Pasukan marching band Paspampres melantunkan lagu kebangsaan Hungaria yang kemudian disusul lagu Indonesia Raya dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali.
Upacara penyambutan kenegaraan ini berbeda dari biasanya karena cuaca yang masih hujan. Jika biasanya dilakukan di halaman depan Istana Merdeka, kali ini dilakukan di teras.

Setelah kedua lagu kebangsaan dilantunkan, Jokowi mengajak Viktor meninjau barisan Paspampres. Kemudian keduanya langsung masuk ke dalam Ruang Kredensial Istana Merdeka untuk melakukan pertemuan.
Adapun para Menteri Kabinet Kerja yang mendampingi Presiden Jokowi yakni Menlu Retno LP Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendag Thomas Lembong, Menteri ESDM Sudirman Said, dan Seskab Pramono Anung. Hadir pula Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, dan Jaksa Agung Prasetyo.

Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Orban datang ke Indonesia membawa serta separuh anggota kabinetnya.

"Sekali lagi saya mengucapkan selamat datang pada Yang Mulia Perdana Menteri Viktor Orban dan delegasi ke Indonesia. Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan tunggal yang disertai separuh anggota kabinet," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus, Senin (1/2/2016).

Jokowi mengungkapkan, kedatangan PM Orban bersama separuh anggota kabinet menandakan bahwa Hungaria benar-benar serius mempererat hubungan dengan Indonesia. Jokowi menyebut, telah ada berbagai kesepakatan kerjasama dengan pemerintah Hungaria.

"Isu kerjasama prioritas dalam pertemuan sebelumnya sudah diskusinya karena sudah kita putuskan beberapa hal, baik yang berkaitan dengan water managemen, city managemen, agriculture, food procecing dan lain-lain. Agar lebih detail, saya ingin dalam pertemuan ini kita lanjutkan pembahasannya," jelas Jokowi.

PM Orban pun begitu memuji perkembangan Indonesia. Di bidang ekonomi, Orban menyebut Indonesia sebagai negara yang tetap berkembang di bidang ekonomi walaupun perekonomian global tengah lesu.

Jokowi didampingi beberapa menteri kemudian bertemu dengan PM Orban dan jajaran menteri kabinet Hungaria. Adapun menteri yang mendampingi Jokowi antara lain Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menristek M Nasir, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mendag Thomas Lembong, Menteri ESDM Sudirman Said.

Presiden Jokowi dan PM Viktor Orban sebelumnya juga telah melakukan pertemuan 4 mata di Istana Merdeka. Pertemuan 4 mata itu berlangsung sejak pukul 11.10-12.00 WIB.

No comments:

Post a Comment