Monday, February 8, 2016

Turis Asing Terkesan Saksikan Perayaan Imlek di Wihara Dharma Bhakti

Dian Ardiahanni/Kompas.com
Seorang warga Belanda, Claudia (28) ikut meramaikan perayaam Tahun Baru Imlek 2567 di Wihara Dharma Bhakti, Jakarta pada Senin (8/2/2016).

Sejumlah warga asing terlihat ikut berada di Wihara Dharma Bhakti menyaksikan ibadah menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2567. Mereka terlihat menyimak setiap upacara dengan baik.

Claudia (28), asal Belanda, mengaku memang menyukai budaya Indonesia. Untuk pertama kalinya dia menyaksikan perayaan Imlek ini di Jakarta.

"Ini kesempatan kali pertama saya datang ke sini," kata dia kepada Kompas.com di  Wihara Dharma Bhakti, Senin (8/2/2016).

Claudia menuturkan, dalam kunjungan ini, dia belajar mengenai salah satu contoh budaya yang hidup dan lestari di Indonesia. 

Meski baru mengenal budaya itu, ia merasa kini telah mengerti sedikit demi sedikit kultur tersebut. 

"Karena ke sini lewat komunitas juga dan ada teman yang tinggal di Jakarta. Mereka sedikit-sedikit kasih tahu saya tentang perayaan ini," ujar dia. 

Selain Claudia, Laurent (45), warga negara Perancis, pun ikut menghadiri perayaan Imlek di Wihara Dharma Bhakti. 

Meski bukan kesempatan pertama, ia merasa berkunjung ke wihara selalu menjadi hiburan yang menarik. 

"Saya hanya mau lihat-lihat. Saya suka suasananya di sini," ucap Laurent sambil menggendong anaknya, Milena (3). 

Laurent mengatakan, sebelumnya, ia pernah menyaksikan perayaan Imlek ini di negaranya dan di New York. Namun, suasana Imlek di Jakarta, menurut dia, agak berbeda. 

"Kalau di sini lebih ramai dan lebih besar perayaannya," kata Laurent. 

Pantauan Kompas.com, menuju siang hari, Wihara Dharma Bhakti yang terletak di Jalan Kemenangan III, Nomor 19, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, semakin ramai didatangi oleh umat yang beribadah. 

Selain itu, sejumlah pengemis pun tampak membanjiri areal wihara tersebut. Tak lupa, Satpol PP, Polisi, dan TNI turut menjaga untuk mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek di Wihara Dharma Bhakti.

No comments:

Post a Comment