Monday, February 8, 2016

Meriahnya Imlek di Petak Sembilan

Perayaan Imlek 2567 di Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan, Jalan Kemenangan Raya, Jakarta Barat berlangsung meriah. Ratusan jemaah datang untuk berdoa.

Puluhan lampion dipajang di sekitar vihara. Lilin-lilin merah dinyalakan dan jemaah berdoa. Para jemaah yang mayoritas mengenakan baju merah tersebut datang sejak Minggu (6/2/2016) siang.
Masaul/detikcom
"Umat mulai datang dari kemarin siang walaupun afdolnya pada sore hari. Puncak kedatangan umat pada pergantian hari dari pukul 00.00 WIB," tutur salah seorang jemaah, Yu Ie kepada detikcom di depan tempat membakar dupa (hiolo), Senin (8/2/2016).
Masaul/detikcom
Yu Ie mengatakan, umat harus berdesakan dan antre beribadah saat puncak Imlek. Peribadatan dalam rangka perayaan Imlek akan berakhir dua minggu dari hari jatuhnya Tahun Baru warga Tionghoa tersebut.

Masaul/detikcom
Vihara Dharma Bhakti terbakar pada Maret 2015 dan menyisakan 10 meja altar. Meski demikian jemaah tetap khusyu beribadah. 

"Walaupun sebagian besar tempat ibadah kami terbakar, tapi ritual kami tidak terganggu. Gedung utama sudah direnovasi sedikit tapi yang bagian belakang belum," jelas Yu Ie.

Masaul/detikcom
Menurut salah seorang pengurus Vihara, jemaah masih akan datang hingga pukul 21.00 WIB. Jumlah mereka yang datang nantinya sekitar 5 ribu-9 ribu jemaah. Puluhan polisi dan TNI berjaga-jaga di sekitar vihara. Mereka memeriksa jamaah yang masuk dan keluar Vihara. 

No comments:

Post a Comment