Tuesday, October 20, 2015

Penilaian Djarot terhadap Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat berpendapat, pencapaian dalam pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla belum terlalu terlihat dalam jangka watu satu tahun ini. Akan tetapi, arah pembangunan ke depan mulai terlihat.

"Satu tahun ini masih terlalu singkat ya, terlalu dini dengan pencapaian yang sebetulnya masih belum kelihatan sama sekali dalam jangka panjang, tetapi yang penting ada harapan ke depan yang lebih jelas," ujar Djarot di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (20/10/2015). 

Djarot menilai, duo Jokowi-JK memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan infrasktruktur yang berkaitan dengan transportasi. Misalnya, pembangunan mass rapid transit yang sedang dilakukan di Jakarta. 

Selain itu, Djarot mengatakan, ada upaya pemerintah pusat untuk memberi perlindungan penuh terhadap masyarakat. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan kartu-kartu sakti yang menjamin pendidikan dan kesehatan masyarakat. Semua hal itu, kata Djarot, adalah sesuatu yang harus diapresiasi selama satu tahun pemerintahan Jokowi-JK. 

"Selain itu juga sudah mendorong masyarakat untuk tidak konsumtif dan punya keberanian yang cukup tinggi ketika pemerintah memutuskan mencabut subsidi harga BBM ya," ujar Djarot. 

Selain mengenai kebijakan Jokowi-JK, Djarot juga berkomentar mengenai jajaran menteri yang berada dalam Kabinet Kerja. Menurut Djarot, perlu ada konsolidasi kuat dalam hubungan antarmenteri. Dia menyarankan kepada menteri-menteri Jokowi-JK untuk tidak membuka perdebatan di depan publik. Jika selisih paham terjadi, sebaiknya itu semua dilakukan dalam sebuah rapat internal. 

"Sekarang kita bisa melihat masih ada, sedikit perdebatan di lapangan gitu. Sebaiknya kalau ada persoalan-persoalan yang sifatnya perbedaan pendapat yang tajam, lebih elok apabila disesuaikan dengan rapat-rapat kabinet supaya masyarakat itu tidak menilai kabinet terpecah," ujar Djarot.

No comments:

Post a Comment