Tuesday, October 20, 2015

Offroad di Papua, Menteri PU Lihat Kondisi Jalan Berbatu

Offroad di Papua, Menteri PU Lihat Kondisi Jalan BerbatuFoto: Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (Lani-detikFinance)
Jakarta -Pembangunan infrastruktur menjadi fokus pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Pembangunan jalan akan dibangun hingga ke Papua, lewat proyek jalan trans Papua.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, disparitas atau perbedaan infrastruktur di Indonesia cukup timpang.

"Ini di Papua, kebetulan saya offroad sendiri. Ini di Provinsi Papua Barat kondisi jalan masih berbatu.Disparitas yang kita hadapi masih begini," kata Basuki.

"Dengan adanya disparitas Kementerian PUPR menyusun pembangunan infrastruktur dengan pendekatan pembangunan wilayah. Jadi pembangunan di daerah alokasinya bukan sinterklas, bukan agenda politik, tapi pendekatan wilayah," tutur Basuki, dalam dialog Rembug Nasional 'Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK: Kedaulatan Pangan, Pembangunan Energi, dan Keunggulan Maritim, di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Selasa (20/10/2015).

Soal jalan, Basuki mengatakan, dia akan membangun jalan baru 2.650 km dengan 1.000 km jalan tol baru. "Kita 40 tahun kita punya 800 km. Lima tahun ke depan kita akan bangun 1.000 km," kata Basuki.

Terkait pembangunan jalan di Papua, Basuki mengatakan, ini untuk membuat harga-harga barang tidak mahal di negeri cendrawasih tersebut.

"Air mineral di Wamena di Puncak Jaya sana Rp 50.000, kalau kita buka bangun jalan itu pasti akan turun sampai Rp 10.000. Kalau ada yang bilang pembangunan dari pinggiran, kita sudah lakukan itu," jelasnya.

Kemudian Basuki melanjutkan, pemerintah juga sudah mulai membangun jalan tol Trans Sumatera dengan lebar jalan 120 meter atau empat ruas, dilengkapi dengan jalur kereta api dan jalur transmisi listrik tegangan tinggi.

Pemerintah juga telah memulai kembali pembangunan tol Kertosono-Solo yang mangkrak 4 tahun karena tidak adanya dana. Proyek ini diambil alih oleh BUMN.

Selain jalan, Basuki juga akan membangun 55 bendungan dalam 5 tahun mendatang. Tujuannya untuk membantu pengairan sawah, dan produksi pangan meningkat.

No comments:

Post a Comment