Wednesday, April 29, 2015

Dua Warga Australia Dieksekusi, PM Abbott Tarik Dubesnya di Jakarta

Dua Warga Australia Dieksekusi, PM Abbott Tarik Dubesnya di JakartaFoto: Tony Abbot saat di Indonesia (Rachman/detikFoto)
Canberra - Dua warga negara Australia terpidana mati kasus narkoba Andrew Chan dan Myuran, telah dieksekusi oleh regu tembak di Nusakambangan dini hari tadi. Perdana Menteri Australia Tony Abbott langsung bereaksi segera menarik dubesnya di Jakarta.

"Kami menghormati kedaulatan Indonesia tetapi kami menyesalkan apa yang telah dilakukan, dan ini tidak tidak bisa disebut sebagai hal yang biasa. Untuk itu, setelah semua upaya telah dilakukan oleh keluarga Chan dan Sukumaran, duta kami akan ditarik untuk konsultasi," kata Abbot seperti dikutip dari The Sydney Morning Herald, Rabu (29/4/2015).

Abbott mengatakan hubungan Indonesia dengan Australia sangat penting, tetapi Australia harus menanggung penderitaan atas eksekusi mati terhadap dua warga negaranya di Nusakambangan. Abbot menyebut situasi ini sebagai 'dark moment'.

"Jadi saya akan mengatakan kepada orang-orang, ya Anda benar-benar berhak untuk marah, tetapi kita harus sangat berhati-hati untuk memastikan bahwa kita tidak membiarkan kemarahan kita membuat situasi lebih buruk," ucap Abbot.

"Saya benar-benar memahami kemarahan rakyat," tegasnya.

No comments:

Post a Comment