Thursday, March 12, 2015

Publik Jakarta Lebih Lihat Ahok sebagai Sosok Berani daripada Temperamental

Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.COMDirektur Opini Publik, Hafizul Mizan, Pengamat Politik, Ray Rangkuti, Pengamat CSIS, J Kristiadi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (12/3/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com — Tindakan Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama mendapat penilaian tersendiri dari warga Jakarta. Penilaian tersebut berkaitan dengan sikap Ahok yang selama ini dianggap tidak mencerminkan seorang pemimpin.

Cyrus Network kemudian melakukan survei terhadap warga DKI Jakarta dengan mengangkat tema itu. "Pada survei ini, semua respondennya adalah orang Jakarta," kata Direktur Opini Cyrus Network Hafizul Mizan dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Survei yang dilakukan oleh Cyrus Network menunjukkan, sebanyak 50,3 persen responden menilai tindakan Ahok selama ini sebagai ketegasan dan keberanian.

Pandangan orang mengenai Ahok yang temperamental dan arogan juga ditemukan dalam survei ini. Namun, nilai tersebut masih rendah dibanding ketegasan dan keberanian Ahok.

"Citra Ahok, temperamental, arogan, dan kasar, itu benar. Akan tetapi, itu ada di posisi kedua, yakni 17,5 persen," ujar Hafizul Mizan.

Pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), J Kristiadi, mengatakan, memang benar bahwa Ahok memiliki sikap temperamental. Akan tetapi, kata dia, itu tak masalah selama kinerjanya baik.
"Ya meskipun Ahok sikapnya seperti itu, kalau memang dia kerja bagus, ya bagus," kata J Kristiadi.

Sementara itu, sebanyak 10,3 persen responden menilai DPRD DKI Jakarta bermasalah, buruk, dan bobrok.

Survei dengan metode multistage random sampling ini dilaksanakan pada 2-7 Maret 2015. Jumlah responden sebanyak 1.000 orang dewasa, dengan tingkat kepercayaan 95 persen danmargin of error lebih kurang 3,1 persen.

No comments:

Post a Comment