Saturday, February 7, 2015

Tak Hanya di Waduk Ria-Rio, Pohon Baobab Kini Ada di Balai Kota DKI

Tak Hanya di Waduk Ria-Rio, Pohon Baobab Kini Ada di Balai Kota DKI
Jakarta - Pohon mewah Baobab yang berharga ratusan juta rupiah tak hanya ditanam di waduk Ria Rio. Kini pohon asal Madagaskar, Afrika Selatan tersebut juga ditanam di Balai Kota DKI Jakarta Pusat.

Pohon ini ditanam di taman yang berada di sisi kanan gedung Blok G, kompleks Balai Kota DKI Jakarta. 5 Pohon tersebut ditanam sore ini oleh petugas dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Kelima pohon Baobab ini terdiri dari 2 pohon sedang dan 3 pohon kecil. Pohon sedang berdiameter 60 centimeter dan tinggi 6 meter. Sementara pohon kecil berdiameter 40 centimeter dan tinggi 5 meter.

Selain Pohon Baobab, taman tersebut juga ditanami Pohon Pule. Puluhan batu kali juga diletakkan di sekeliling pohon-pohon mewah tersebut guna mempercantik Balai Kota DKI Jakarta.

Menurut petani yang mendatangkan pohon tersebut, Maryanto, pohon-pohon ini berusia 3 hingga 6 tahun. Harga masing-masing pohon, menurutnya tidak sampai Rp 750 juta.

"Harganya Rp 80 juta per pohon," ujarnya.

Menurut Maryanto, pohon yang dapat berusia ribuan tahun tersebut dapat menyerap air dengan baik. Pohon ini juga dibudidayakan di Bogor, Jawa Barat.

Pohon- pohon ini, kata Maryanto, juga ditanam di kampus Universitas Indonesia. Ia sendiri pernah memindahkan 10 pohon Baobab ke kampus tersebut.

"Kalau yang di UI ada ada 49 pohon yang berdiameter 10 meter. Harganya bisa sampai ratusan juta rupiah," tutupnya.

No comments:

Post a Comment