Saturday, February 28, 2015

Jokowi Yakin Harga Beras Segera Turun: Di Cipinang Sudah

Jokowi Yakin Harga Beras Segera Turun: Di Cipinang Sudahfoto: Biro Pers/Rusman
Jakarta - Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Pagi Rawamangun, Jaktim mengecek langsung harga beras yang belakangan melambung. Jokowi yakin dalam beberapa hari ke depan harga beras akan kembali turun.

"Tadi sudah cek ke pasar langsung dan konsumen. Memang di sini belum turun. Tetapi kita cek di Cipinang sudah turun semuanya," kata Jokowi usai blusukan di pasar tersebut, Jakarta Timur, Sabtu (28/1/2015).

Jokowi memberi contoh Beras Jamu Gendong dari harga Rp 10.300/Kg sudah turun menjadi Rp 9.300. Ada juga jenis beras yang seliternya Rp 10.500 menjadi Rp 9.300.

"Ini yang Demak," kata Jokowi yang menjelaskan itu sambil membaca secarik kertas berisi oret-oretan pulpen.

Di Pasar Rawamangun memang harganya masih naik. Namun Jokowi yakin dalam hitungan hari, jika distribusi sudah kembali normal, harga beras akan turu‎n.

"‎Tapi saya lihat kalau distribusi dari sana sampai sini sudah sampai saya kira dua hari tiga hari sudah turun sama dengan Cipinang," lanjutnya.

Salah satu alasan keyakinan Jokowi karena di sejumlah daerah saat ini sudah mulai masuk musim panen. Mulai dari Demak, Kudus, Ngawi, Ponorogo hingga Sragen masuk musim panen.

‎"Ini sudah mulai panen, jadi apa pun dengan stok seperti itu, beras turun. Memang ada beberapa hal yang tadi saya sampaikan ada karena manajemen distribusi yang akan kita lihat ini ada problem apa di situ, kedua memang ada keterlambatan di panen mundur," papar Jokowi menjelaskan penyebab meroketnya harga beras.

No comments:

Post a Comment