Saturday, February 28, 2015

Di Pasar Pagi Ramawangun, Jokowi Beli Beras 50 Kg

Di Pasar Pagi Ramawangun, Jokowi Beli Beras 50 Kg
Jakarta - Presiden Jokowi blusukan mengecek harga beras di Pasar Pagi Rawamangun, Jakarta Timur. Saat blusukan, Jokowi menyempatkan diri membeli beras seberat 50 Kg.

"Beli beras pandang wangi 50 Kg," kata Jokowi di depan pasar, Sabtu (28/2/2012).

"Harganya berapa, Pak?" tanya awak media.

"Wah nggak tahu," kata Jokowi sambil cengengesan.

Tidak hanya itu, Jokowi juga membeli sejumlah sayur dan buah-buahan. Mulai dari wortel, ikan, singkong hingga manggis.

"Pesanan ibu ya, Pak?" tanya media lagi yang dijawab dengan tawa oleh Jokowi.

Jokowi Menyusuri Pasar Burung Pramuka, Masuk ke Lorong yang Banyak Kotoran
Jakarta - Blusukan Jokowi berlanjut ke Pasar Burung, Pramuka, Jakarta. Tiba di lokasi, Jokowi melihat-lihat sejumlah burung yang dipajang pedagang di dalam sangkar.

Jokowi, Sabtu (28/2/2015) pukul 14.00 WIB, kemudian masuk ke dalam area pasar. Jokowi menyusuri lorong-lorong pasar dengan aneka kotoran di bertebaran.

Jokowi tampak cuek, dia kemudian sempat berbincang dengan beberapa pedagang burung. Jokowi melihat-lihat burung jalak.

Dari satu pedagang, Jokowi bergerak ke pedagang burung lainnya. Jokowi juga sempat menanyakan harga-harga burung yang dijual di pasar yang tampak kotor itu.

Presiden Joko Widodo memborong ratusan burung dari Pasar Burung Pramuka, Jakarta Timur. Ratusan burung berbagai jenis itu akan dilepas di Istana Bogor dan Istana Merdeka, Jakarta.

"Mau dilepas di Istana Jakarta dan Bogor," kata Jokowi, Sabtu (28/2/2015).

Jokowi memang membeli banyak burung saat blusukan tadi. Jalak Kebo dibeli 100 ekor, Jalak jenis lainnya dibeli 200 ekor. Ada juga burung Kutilang, Perkutut hingga Tupai. Satu ekor burung Jalak dibeli Jokowi dengan kisaran harga Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu.

Jokowi memang sengaja membeli binatang tersebut dan akan langsung dilepasnya lagi. Dia ingin ekosistem yang ada di dua istana itu bisa terus berjalan.

"Soalnya burungnya (di Istana Bogor dan Jakarta) kurang," kata Jokowi berkelakar. Ratusan burung ini akan dibagi rata di dua istana tersebut.

Presiden Jokowi blusukan sekaligus shopping ke Pasar Burung, Pramuka, Jakarta. Jokowi melihat-lihat burung dan kemudian menawar harga dengan pedagang.

"Berapa ini harganya," tanya Jokowi ke pedagang burung di Pramuka, Sabtu (28/2/2015).

"60 ribu pak," kata seorang pedagang burung memberi tahu harga burung jalak.

Jokowi kemudian menawar harga burung itu Rp 45 ribu, namun si pedagang tak mau. Pedagang itu minta Rp 50 ribu. Akhirnya deal tercapai dan Jokowi membeli 200 ekor burung jalak dengan harga Rp 50 ribu.

Tak sampai di situ, kemudian Jokowi berjalan kembali ke pedagang lainnya. Kali ini dia menawar harga Jalak kebo. Si pedagang meminta harga Rp 75 ribu, namun Jokowi menawar harga Rp 60 ribu. Dan akhirnya deal tercapai, Jokowi membeli burung jalak kebo seharga Rp 60 ribu sebanyak 100 burung.


No comments:

Post a Comment