Monday, August 24, 2015

Suasana di Kampung Pulo Setelah Empat Hari Dibongkar

Jessi CarinaSuasana Kampung Pulo pagi ini, Senin (24/8/2015).

 

 Hampir semua rumah yang dulunya menyesaki sisi timur Kali Ciliwung sudah rata dengan tanah. Puing-puing sisa pembongkaran terhampar di wilayah ini. 

"Pembongkaran sebenarnya relatif sudah selesai," ujar Pelaksana Lapangan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung, Asep Sopian, di Jalan Jatinegara Barat, Senin (24/8/2015). 

Akan tetapi, alat-alat berat masih tersedia di kawasan Kampung Pulo ini. Menurut pantauan Kompas.com, warga yang tidak terkena pembongkaran berjalan lalu lalang di antara puing-puing. 

Untuk sementara, permukiman yang berada di sisi barat masih menunggu giliran pembongkaran yang akan terlaksana beberapa bulan lagi. Warga di wilayah itu masih santai beraktivitas. Bahkan, salah seorang warga tampak mandi di pinggir kali. 

Pembongkaran kawasan Kampung Pulo sudah dilakukan sejak Kamis (20/8/2015). Pembongkaran hari pertama berlangsung ricuh. Bentrokan terjadi setelah negosiasi gagal antara warga dan petugas. 

Suasana di Kampung Pulo menjadi mencekam pada waktu itu. Warga dan petugas terlibat bentrok di jalan. Gas air mata ditembakkan oleh petugas. Batu-batu beterbangan. Jalan pun ditutup total akibat kericuhan tersebut.

 

No comments:

Post a Comment