Sunday, December 28, 2014

Polri: 6 Orang Warga Makassar Dicegah ke Suriah Agar Tak jadi Korban

Jakarta - Sub Direktorat Jatanras Reskrimum Polda Metro Jaya mengamankan enam orang warga Makassar, Sulawesi Selatan, sesaat sebelum terbang ke Suriah, Sabtu (27/12/2014) sekitar pukul 03.15 WIB. Upaya penggagalan keberangkatan keenam orang tersebut tidak luput dari peran imigrasi yang terus memberikan informasi terkait target yang dicurigai.

"Ini adalah bentuk pencegahan, sehingga mereka yang hendak ke negara yang sedang konflik tersebut bisa dicegah," kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya, AKBP Herry Heryawan, dalam pesan singkat, Sabtu (27/12).

Hasil pemeriksaan sementara penyidik kepolisian, ada dugaan pemalsuan dokumen dalam pembuatan paspor. Belum diketahui motif keenam warga tersebut memalsukan identitas yang dibubuhkan di dalam paspor untuk berangkat ke Suriah.

"Ini merupakan upaya preventif terhadap warga negara kita yang akan berangkat di sana, daripada mereka menjadi korban akibat konflik tersebut," ujarnya.

Enam orang diamankan Sabtu (27/12) dini hari sementara satu yang lain paginya sekitar pukul 09.00 WIB. Penetapan status ketujuh orang tersebut dilakukan paling telat Minggu (28/12) besok.

Sementara itu, polisi menyatakan akan menjerat mereka dengan pasal 266 KUHPidana tentang pemalsuan dokumen. Hal tersebut karena diduga 3 dari 6 paspor yang akan digunakan untuk pergi ke Suriah menggunakan dokumen palsu.

No comments:

Post a Comment