Sunday, December 28, 2014

Hapus Pungli, Menhub Jonan akan Perketat Aturan di Seluruh Jembatan Timbang

Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum, jembatan timbang selalu menjadi sarang pungutan liar oknum Dinas Perhubungan kepada sopir yang membawa muatan melebihi kapasitas. Meski begitu, tak mudah memusnahkan praktik ini karena selama ini jembatan timbang menjadi otoritas Pemerintah Daerah.

Namun, di tahun 2016 kelak seluruh jembatan timbang di Indonesia akan berada di bawah Kementerian Perhubungan. Hal paling pertama yang ingin dilakukan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan adalah menghapus pungli dan menertibkan truk membawa muatan sesuai kapasitas.

"Kalau diambil alih, akan saya ketatkan (aturannya)," kata Jonan saat meninjau jembatan timbang Cekik, Jembrana, Bali, Sabtu (27/12/2014).

Ia mengatakan pengambilalihan itu baru benar-benar dilakukan tahun 2016. Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Sugihardjo, anggaran untuk tahun 2015 sudah dirancang dalam RAPBNP 2015.

"Persiapan dari penganggaran 2015 sudah ada," sambungnya.

Selain itu, pelaksanaan jembatan timbang antara Kementerian dan Pemda harus dicari formulasinya yang baik. "Kita masih konsep bagaimana pelaksana teknis di lapangan," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment