Friday, January 10, 2014

Ahok Dukung Polisi Berantas Terorisme


Hari ke-452 Jokowi-Ahok

Jakarta - Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berterima kasih kepada aparat kepolisian yang gencar memberantas aksi terorisme. Ia siap memberikan segenap dukungan.

Orang nomor dua di DKI Jakarta ini mengapresiasi tindakan polisi yang menggagalkan rencana pengeboman kelompok teroris tersebut sehingga perayaan pergantian tahun di Jakarta berlangsung dengan aman.

"Polisi kan punya protap. Selama sesuai protap, seusai SOP-nya ya kita dukung. Ya saya berterimakasih sama polisi," kata Ahok, Jumat (10/1/2014).

Sebuah kontrakan yang dijadikan sebagai 'markas' teroris di Ciputat, Tangerang Selatan, digerebek Densus 88 Polri dan Polda Metro Jaya pada Selasa, 31 Desember 2013 malam lalu. Lima teroris tewas dalam penggerebekan yang diwarnai baku-tembak itu. Selain itu, pimpinan mereka Hidayat alias Dayat 'Kacamata' juga tewas saat disergap di luar kontrakan yang mereka tempati.

Mabes Polri menyebut, kelompok teroris Mujahidin Indonesia Barat (MIB) ini hendak mengacau pesta pergantian tahun pada Selasa malam itu. Salah satu teroris yang ditangkap hidup-hidup, Anton alias Septi mengatakan kepada polisi, kelompoknya hendak melakukan pengeboman di Bundaran HI pada malam tahun baru lalu.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan pemberantasan terorisme adalah tugas semua instansi terkait, bukan kepolisian semata.

"Ini tugas kita bersama, pemerintah, Pemda DKI hingga ke tingkat lurah memiliki peran penting dalam mencegah terorisme ini," ujar Rikwanto.

Masyarakat juga diminta berperan aktif dalam upaya pencegahan tindak pidana terorisme ini. Masyarakat diminta lebih aware terhadap pendatang baru yang tinggal di lingkungan mereka.

Di samping itu, pihak kepolisian juga meningkatkan peran Bhabinkamtibmas. Anggota Bhabinkamtibmas diminta menyambangi warga setiap hari untuk mengetahui dinamika di lingkungan warga.

"Bhabinkamtibmas ada program namanya door to door system, di mana harus mendatangi minimal 5 Kepala Keluarga, dan itu sudah dilakukan," kata dia.

No comments:

Post a Comment